Ribuan Warga Sesaki Arena Muludan Keraton Kasepuhan

Cirebon – Kendati acara puncak perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW (muludan) di Keraton Kasepuhan masih lama, tetapi lokasi sekitar keraton sudah dipadati pedagang. Bahkan, ribuan warga yang didominasi kaum milenial memadati pasar malam muludan di sekitar Keraton Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, Sabtu malam (10/11).

Ratusan pedagang dari berbagai macam daerah dan ribuan motor yang berjejer terparkir di bahu jalan, memperlihatkan tingginya antusias warga menyambut maulid nabi.

“Karena ini malam Minggu makanya ramai, tapi ini belum seberapa. Menjelang pelal (acara puncak muludan) bisa lebih dari 3 kali lipat ramainya,” ujar Amay, Panglima Laskar Macan Ali Kota Cirebon yang juga mengabdi pada Keraton Kasepuhan.

Lebih lanjut, dikatakan Amay, kehadiran pasar rakyat di arena muludan secara otomatis dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar keraton dari mulai pedagang hingga tukang parkir yang selama satu bulan akan mendapat pemasukan.

Diungkapkannya, para pengunjung yang didominasi anak muda itu pada umumnya mereka datang dengan tujuan menaiki wahana-wahana di sekitar pasar malam, seperti kora-kora, ombak banyu, komedi putar, tong setan, dan belasan wahana lainnya.

“Pengunjung tidak hanya dari Cirebon tapi juga dari luar Cirebon jumlahnya juga banyak. Mereka datang untuk berziarah dan beberapa ada juga yang memanfaatkan wisata pasar malam di sekitar keraton,” lanjut Amay.

Menurutnya, para pedagang sudah menggelar lapak dagangannya beberapa hari sebelum memasuki bulan bulan maulid, dan mereka merupakan pedagang yang sudah rutin berjualanan di arena pasar malam sekitar keraton.
Sementara itu, dua sejoli yang sedang menikmati malam Minggu pada saat itu mengatakan, kalau mereka hanya ingin berkunjung melihat keramaian muludan yang banyak dibicarakan masyarakat Cirebon.

“Penasaran saja, karena muludan juga kan satu tahun sekali. Jarang-jarang seperti ini. Kalau tujuan kesini lebih ingin menikmati jajanannya dan menaiki wahana sekitar pasar,” papar Farhan, pengunjung asal Desa Celancang kepada Radar.


Dikatakan Farhan, dirinya mendatangi arena muludan untuk mengisi waktu luang. “Karena besok (Minggu, red) libur jadi ya kita sempatkan kesini. Wisata malamnya juga tidak terlalu membutuhkan budget lebih. Cocoklah buat kita,” ujar Farhan. (sumber: Radarcirebon)

Subscribe to receive free email updates: