Musim Hujan Segera Tiba, Wisata Tubing Cirebon Siap Beroperasi Kembali

Wisata Tubing Cirebon
Kabupaten Cirebon – Kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Cirebon ternyata tidak hanya berdampak pada lahan pertanian dan pasokan air bersih saja, namun musim kemarau juga berdampak pada sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Cirebon.

Seperti yang terjadi di wisata Tubing Cirebon, yang berada di Desa Kubang Kecamatan Talun. Objek wisata yang masih tergolong baru ini, harus berhenti beroperasional pada musim kemarau tahun ini.

Pasalnya, wisata tubing atau sejenis arum jeram ini sangat mengandalkan aliran air dari Sungai Cipager. Evi Nurapilah salah satu pengelola Tubing Cirebon menjelaskan, lantaran Sungai Cipager adalah sungai alami, maka pada saat kemarau debit air mengalami penyurutan. Sehingga, wisata Tubing Cirebon tidak bisa beroperasional.

“Musim kemarau sempat berhenti karena kita sungainya sungai alami jadi kita ngandelin cuaca banget, karena kemarau jadi debit airnya sempet surut jadi nunggu hujan dulu,” ungkapnya saat ditemui pada Minggu (11/11).

Evi juga mengatakan, meski tidak bisa beroperasi di musim kemarau, para wisatawan masih banyak yang memboking Tubing Cirebon.

Sementara itu, Oscar Pelani selaku admin Tubing Cirebon menambahkan, memasuki musim hujan saat ini, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai hal untuk kembali mengoperasionalkan wisata Tubing Cirebon.

Rencananya, Tubing Cirebon akan kembali dibuka pada Minggu 18 November mendatang. Bahkan, pada tanggal tersebut telah ada 35 wisatawan yang memesan untuk bisa merasakan sensasi meluncur menggunakan ban, ditengah arus sungai dan bebatuan.

Tubing Cirebon sendiri telah ada hampir sejak 2 tahun lalu dimana para pemuda dari Desa Kubang melihat adanya potensi wisata di aliran Sungai Cipager yang melintas.


Bahkan, pihak pengelola Tubing Cirebon akan berencana mengembangkan kawasan wisata Tubing Cirebon. Saat ini, pihak pengelola sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah provinsi dan masih menunggu proses pencairan bantuan untuk mengembangkan kawasan wisata Tubing Cirebon. (Sumber: Pilaradiocirebon)

Subscribe to receive free email updates: