Suneung (수능), Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Korea Selatan Yang Ditakuti Siswa Korsel


Siapa yang sudah mengalami ujian masuk perguruan tinggi? gimana rasanya?

Nah, Jika di Indonesia ada yang namanya sbmptn Kalo di Korea Selatan ada yang namanya 수능 (suneung) tes sbmptn versi Korea selatan yang lebih susah dari sbmptn indonesia dan membuat sebagian siswa di Korea selatan mengalami stress.

Pengertian

수능(Suneung) adalah Tes Kemampuan Skolastik Perguruan Tinggi atau CSAT jenis tes standar yang diterima oleh universitas Korea Selatan.

dalam bahasa Korea, adalah marathon delapan jam ujian back-to-back, yang tidak hanya menentukan apakah siswa akan pergi ke universitas, tetapi dapat mempengaruhi prospek pekerjaan mereka, penghasilan, di mana mereka akan tinggal dan bahkan hubungan masa depan.

Sejarah Singkat

Sejak Pembebasan Korea, Korea Selatan telah mengubah metode penerimaan universitas dan perguruan tinggi setidaknya dua belas kali. Beberapa berpendapat jumlah perubahan dapat diperpanjang menjadi enam belas.

Metode penerimaan universitas dan perguruan tinggi yang pertama diserahkan kepada pilihan universitas

Setiap universitas diizinkan untuk melakukan apa yang mereka mau. Bentuk pertama CSAT muncul pada awal tahun 1960. Dewan Tertinggi untuk Rekonstruksi Nasional membentuk bentuk awal CSAT dari tahun 1962 hingga 1963. Ini berfungsi sebagai ujian kualifikasi bagi para siswa. Namun, karena jumlah siswa yang lulus tes kecil, ahkirnya perguruan tinggi kekurangan siswa. Proses ini juga dikritik karena telah menyebabkan seleksi siswa yang tidak efisien. Karena ini, pemerintah membatalkan kebijakan dari tahun 1964 hingga 1968.

Kebijakan serupa diadopsi pada tahun 1969 oleh Republik Ketiga Korea Selatan.Tes baru dinamakaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Awal (대학 입학 예비 고사). Kebijakan ini sebagian besar terus tidak berubah sampai tahun 1981.

Pada 1981, kebijakan itu berubah secara signifikan. Nama tes diubah menjadi Pemeriksaan Persiapan Perguruan Tinggi Awal (대학 예비 고사). Kebijakan cutline dihapus. Pada saat ini,학원 (Akademi) juga dilarang. Pada tahun 1982, nama tes diubah menjadi College Strength Strength Test (대입 학력 고사).

Sistem CSAT saat ini didirikan pada tahun 1993, meskipun telah melalui beberapa revisi sejak saat itu.

Tujuan

CSAT dirancang untuk menguji kemampuan kandidat untuk belajar di perguruan tinggi, mengajukan pertanyaan berdasarkan kurikulum sekolah menengah atas Korea untuk menormalkan pendidikan sekolah menengah, dan menyediakan materi yang akurat dan objektif untuk membantu perguruan tinggi menerima siswa

Mata Pelajaran yang Diujikan

1.Bahasa nasional(국어 영역)
2.Matematika(수학 영역)
3.English(영어 영역)
4.Ilmu Sosial (IPS)/PA/Vocational Education (탐구 영역),
5.Bahasa Asing atau Karakter dan Klasik China (제2외국어 한문 영역)

Durasi Keseluruhan Tes

Durasi tes CSAT di Korea Selatan dapat dibilang sangatlah panjang, yaitu mulai sekitar pukul 08.00-09.00 hingga sekitar pukul 17.00 atau 18.00 waktu setempat,
Sekitar Rata-Rata 8/9 Jam bandingkan Dengan Sbmptn

Fakta Unik Saat Suneung Di Selenggarakan

Pada hari ujian, pekerja diijinkan untuk terlambat bekerja untuk memastikan lalu lintas minimum di pagi hari dan orang tua menghabiskan sepanjang hari untuk mencari anak-anak mereka.

Orang tua atau kakek-nenek dari peserta tes naik ke Mt. Palgong dan berdoa kepada Gatbawi untuk skor CSAT yang baik dari siswa selama musim suneung dan bahkan ketika putra atau cucu mereka mengikuti ujian suneung.

Seringkali, siswa yang terlambat mengikuti ujian dikawal oleh polisi

Bandara/Terminal/Stasiun di dekat tempat ujian di tutup untuk mengurangi Polusi Suara .

Hadiah Yang Diberikan Orang Tua atau orang-orang terdekat saat 수능 (Suneung)

Siswa menerima banyak hadiah suneung selama musim ujian dari anggota keluarga atau kenalan yang mengucapkan semoga sukses dalam ujian. Hadiah yang paling umum adalah kue beras ketan (찹쌀떡) dan gula-gula Korea (엿) karena makanan lengket diyakini bermanfaat bagi para siswa untuk tetap berpegang pada (masuk ke) universitas yang ingin mereka tuju.

Memberi tisu toilet berarti memecahkan pertanyaan dengan baik dan memberikan camilan berbentuk kapak berarti menebak jawaban yang tepat

Cokelat juga merupakan salah satu hadiah suneung yang biasa digunakan karena permen membantu meningkatkan sirkulasi otak siswa.

Mitos Saat 수능 (Suneung)

1. Jangan jatuhkan pulpen
Mitos :

Siswa percaya jika pena mereka jatuh dari meja saat mereka mengikuti tes, mereka akan gagal dalam tes suneung.
Fakta :
Sebenarnya, tidak diizinkan bagi peserta tes untuk mengambil pena yang terjatuh karena membungkuk dianggap curang. Proctor memberikan siswa pena baru sebagai gantinya

2.Minumlah Seoul Milk jika Anda ingin memasuki Seoul National University
Siswa biasanya percaya bahwa jika mereka minum Seoul Milk atau Yeonsei Milk, mereka dapat masuk ke Seoul University atau Yeonsei University.

3.Makan Sup Rumput Laut
Sup rumput laut adalah makanan yang paling dihindari saat peserta ujian akan mengikuti ‘Suneung’. Sup rumput laut dengan teksturnya yang licin dimaknai bisa membuat peserta gagal ujian karena ‘tergelincir’.

4.Jangan menonton "007 SKYfall"
SKY adalah akronim untuk sekelompok tiga universitas besar di Korea, Universitas Nasional Seoul, Universitas Korea, dan Universitas Yeonsei. Orang mengatakan jika mereka menonton film SKY Fall, mereka akan gagal masuk ke SKY University.

Nah itu tadi beberapa hal mengenai Sbmptn versi Korea selatan,dengan waktu tes yang sangat panjang dan tes tes yang sangat sulit terutama tes matematika-nya dan CSAT sering dibandingkan dengan SAT Amerika , meskipun kepentingan di kedua negara cukup berbeda. SAT Math umumnya dianggap lebih mudah daripada CSAT Math.

Referensi :

  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/College_Scholastic_Ability_Test
  • https://globaldaegu.blogspot.com/2012/11/koreas-csat-suneung-siheom.html?m=1
  • https://www.google.com/amp/s/amp.scmp.com/week-asia/society/article/2173414/schools-never-out-why-south-koreans-are-trapped-lifetime-study

Subscribe to receive free email updates: