6 Teknologi Canggih Yang Digunakan Dalam Pertandingan Sepak Bola


Mungkin banyak di antara kita yang ketika menonton bola pernah melihat kejadian kontroversial, dari gol Lampard pada Piala Dunia 2010 yang dianulir wasit, gol tangan Tuhan Maradona di Piala Dunia 1986. Hal kontroversial tersebut kadang bisa menjadi masalah yang sangat besar.

Contohnya gol Lampard yang dianulir tersebut menggagalkan langkah Timnas Inggris lanjut ke babak berikutnya. Nah, dengan latar belakang itu, FIFA mengembangkam teknologi yang digunakan untuk membuat sepak bola menjadi adil dan menjadi tontonan yang seru bagi banyak orang.

Berikut 6 teknologi canggih dalam sepak bola tersebut:

1. Teknologi Garis Gawang

Sebenarnya, tidak banyak yang mempedulikan ketika para ilmuan mencoba untuk mengembangkan teknologi garis gawang ini. Tetapi, semuanya berubah ketika terdapat beberapa keputusan kontroversial yang terjadi pada beberapa laga euro dan premier league.

Desakan semakin menjadi usai gol dari Lampard pada Piala Dunia 2010 dianulir. Wasit juga manusia biasa, karena bola tersebut terkena tiang dan memantul keluar.

Atas desakan tersebut, FIFA langsung menyetujui teknologi ini dan langsung digunakan pada Piala Dunia Antarklub di Jepang.

2. Microchip Ball

Teknologi chip yang ditanam di dalam bola ini akan mengirimkan sinyal pada jam tangan yang digunakan oleh wasit. Jam tangan itu sendiri akan menunjukkan apakah bola tersebut adalah sebuah gol, keluar lapangan, atau masih di area pertandingan.

Teknologi ini tak terlalu dikenal, pada sejarahnya pernah digunakan di Piala Dunia U-17 2005 dan Piala Dunia Antarklub 2007. Pada 2018 lalu, FIFA menyetujui penggunaaan teknologi ini untuk Piala Dunia Rusia 2018.

3. Hawk Eye
Teknologi ini sebenarnya sudah pernah digunakan di olahraga Tenis dan Kriket. Jika dilihat, teknologi hawk eye atau mata elang memang memiliki lingkup yang jauh lebih besar lagi dari 2 teknologi sebelumnya. Simplenya, teknologi hawk eye digunakan dengan cara menempatkan banyak kamera di setiap sudut lapangan sehingga setiap pergerakan dari para pemain akan terlihat.

Selain itu, teknologi ini juga dibantu dengan wasit di masing-masing gawang. Oleh karena itu, seharusnya penentuan gol atau tidak bisa jauh lebih mudah. Selain itu teknologi ini juga bisa digunakan untuk melihat pemain yang diving dalam pertandingan.

Lalu hasil dari Hawk Eye ini bisa ditindaklanjuti melalui VAR.

4. Sepatu Detektor
Mungkin bagi anda yang sering bermain football manager atau game bertema sepakbola lainnya, anda akan terbiasa melihat pemain dengan keadaan nya masing masing secara jelas. Mungkin sebelumnya, hal tersebut hanya lah angan angan dan sama sekali tidak bisa dilakukan di dunia nyata. Tetapi sebenarnya, hal tersebut sudah bisa benar benar dilaksanakan pada saat ini.

Sepatu ini telah dibuat oleh para ilmuwan. Sepatu ini dapat mendeteksi tingkat keletihan para pemain. Dengan chip yang ditanamkan dapat mendeteksi gerakan otot dan frekuensi dari kaki pemain. Alhasil, sepatu ini dapat meminimalisir cedera.

5. Techno Wear
Jika dilihat dari seluruh teknologi pada daftar ini, teknologi bernama techno wear memang tidak begitu terkenal. Sama seperti teknologi hawk eye, sepakbola bukan olahraga pertama yang menggunakan teknologi ini. Sebelumnya, olahraga renang lebih dulu menggunakan teknologi techno wear untuk para atlet nya. Hal tersebut tentulah untuk mengetahui kondisi tubuh dari seorang atlet renang yang tidak boleh memiliki kendala.

Dan ternyata ada ilmuwan yang membuatnya dalam bentuk jersey sepak bola. Jersey ini dapat mendeteksi denyut jantung dari pemain. Selain itu, pemain yang dehidrasi juga bisa terdeteksi dengan jersey ini.

6. Video Assistant Referee

Yap, mungkin ini sudah diketahui kita. Dari meme yang muncul karena VAR ini, tim yang sering dapat penalti karena VAR disebut memiliki banyak Voucher Penalti. Teknologi ini disebut-sebut adalah sebuah penemuan terbaik yang bisa dengan mudah menentukan kejadian sesungguhnya dari sebuah momen pada pertandingan sepakbola.

Pada teknologi VAR, wasit dapat melihat tayangan ulang dari apa yang terjadi di lapangan. VAR dibuat agar pertandingan berjalan lebih adil.

Sempat menimbulkan pro dan kontra, akhirnya FIFA menyetujui VAR dalam Piala Dunia Rusia 2018 lalu. Dengan adanya VAR, rekor penalti di piala dunia pun terpecahkan. Tercatat, ada 28 penalti yang terjadi di piala dunia 2018. Tentulah, VAR sendiri berperan besar dari keputusan tersebut. Yang paling keren dari teknologi ini adalah bisa membuat wasit merasa terbantu dalam melaksanakan tugasnya.

Nah, itulah 6 teknologi canggih yang digunakan dalam sepak bola. Teknologi tersebut dibuat agar pertandingan sepak bola dapat berjalan lebih baik dan agar tidak terjadi kontroversi lagi.

Sumber:
https://www.lucubux.com/gak-bisa-drama-lagi-saat-main-ini-6-teknologi-canggih-yang-digunakan-dalam-sepakbola/

Subscribe to receive free email updates: