Canangkan Gerakan Seribu Jambu Kristal

TANAM BIBIT: Warga Kalensari mendapatakan bibit jambu kristal yang dibagikan Pemdes Kalensari. 

INDRAMAYU – Terus berinovasi, Pemerintah Desa Kalensari Kecamatan Widasari mencanangkan program gerakan tanam seribu bibit jambu kristal.

Pemdes secara cuma-cuma membagikan bibit kepada warga untuk ditanam di halaman rumah masing-masing.

Kuwu Kalensari, Masroni menjelaskan gerakan tanam seribu bibit jambu kristal, merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat desa. 

Program ini sengaja digagas sebagai program penghijauan desa dengan memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing. Bukan sekadar hijau, program ini juga memiliki nilai ekonomis untuk warga.

“Bibit jambu kristal kita sediakan dan kita bagikan kepada warga, untuk di tanam di pekarangan rumahnya masing-masing, kita sediakan lebih dari 1.000 bibit,” ujarnya.

Gerakan tanam 1.000 bibit jambu kristal, tak hanya sebatas untuk mewujudkan desa hijau, tetapi mengajak masyarakat agar lebih mengoptimalkan peranan lahan pekarangan rumah yang terbatas, dengan tanaman bernilai gizi dan ekonomis. Hal tersebut juga melatih warga dalam mengelolah lahan pekarangan miliknya.

“Di samping penghijauan lahan, jambu kristal memiliki nilai gizi dan jika jual juga laku. Jika masing-masing rumah memilik pohon 2 sampai 3, ketika panen disatukan hasilnya kan banyak juga. Ketika dijual ditampung di BUMDes,” tutur, Kuwu Kalensari H Masroni.

Sementara, tokoh masyarakat, Dedi pembagian 1.000 bibit jambu kristal pada warga merupakan hal yang sangat positif. Disamping upaya mendorong warga untuk mengolah lahan kritis di sekitar rumah, kegiatan ini dan mengkampanyekan penghijauan desa.


“Warga terdorong untuk mengolah lahan sekitar rumahnya dengan tanaman serupa yang dapat dikonsumsi dan bernilai jual. Ini bisa jadi salah satu upaya meningkatkan penghasilan rumah tangga,” ujarnya. (radarcirebon)

Subscribe to receive free email updates: