Jangan Terlalu Sering Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud, Bahaya!


Riset mengatakan bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud lebih banyak dampak negatifnya daripada manfaatnya.

Membersihkan dengan cotton bud mengakibatkan kotoran telinga akan lebih masuk ke dalam telinga bagian dalam yang dapat menimbulkan beberapa gangguan pendengaran, selain itu dapat mengakibatkan telinga kering dan lecet dan bisa mengakibatkan pendarahan di telinga karena area telinga sangat sensitif jika ada gesekan ringan maupun berat.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk membersihkan telinga yang baik dan aman?

1. Secara alami kotoran telinga akan keluar sendiri dari telinga kita yang diakibatkan oleh pergerakkan rahang kita yang tanpa kita sadari mendorong kotoran telinga untuk keluar, kotoran telinga yang keluar sendiri dalam bahasa sunda disebut "conge"

2. Membersihkan kotoran telinga setelah mandi juga bisa menjadi pengganti penggunaan cotton bud, karena saat mandi air akan masuk ke telinga dan mencairkan kotoran telinga. Untuk membersihkannya cukup menggunakan sabun, air, dan lap halus lalu gosok secara perlahan telinga bagian luar (jangan menggosok ke dalam telinga)

3. Menggunakan obat tetes khusus untuk membersihkan kotoran, hanya sekali tetes dapat mengeluarkan kotoran tetapi tidak semuanya. Obat tetes ini bisa ditemukan di apotek terdekat

4. Berkonsultasi dengan dokter THT adalah pilihan yang sangat tepat, karena dokter tau bagaimana membersihkan telinga dan juga waktu yang dianjurkan untuk membersihkan telinga

Walaupun begitu, kita jangan terlalu sering membersihkan kotoran telinga yah, karena kotoran telinga adalah pelindung alami telinga yang bisa menjadi anti bakteri, anti jamur, anti debu dan serangga dan sebagai pelumas telinga.

Sumber:
- https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/membersihkan-telinga-dengan-cotton-bud

- https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190813140154-255-420880/bahaya-membersihkan-telinga-dengan-cotton-bud

Subscribe to receive free email updates: