Inilah 3 Teori Hancurnya Alam Semesta


Pernah nggak sih kalian berpikir bagaimana cara menhancurkan alam semesta?

Seperti yang kita ketahui dimana ada kelahiran pasti ada kematian begitu juga dengan alam semesta yang kita tinggali sekarang ini suatu saat akan hancur.

Dan berikut ini ada 3 teori skenario yang menyebabkan hancurnya dan berakhirnya kehidupan di alam semesta ini menurut para ahli astronom di dunia .

1. Big Freeze

Apa itu Big Freeze? jadi ketika pristiwa ledakan Big Bang alam semesta amatlah sangat sangat panas serta padat serta melemparkan seluruh materialnya keruang kosong

Yang nantinya akan membentuk alam semesta yang berisi triliunan planet-planet dan bintang-bintang yang berkumpul hingga menjadi galaxy kita sekarang Bima Sakti.

Alam semesta menjadi dingin karena bintang-bintang yang terlempar semakin menjauh mengikuti perkembangan alam semesta

Serta awan-awan gas yang makin berjauhan sehingga sulit untuk melahirkan bintang baru

Bintang-bintang pun lama-kelamaan mulai kehabisan bahan bakarnya dan akhirnya mengalami Supernova (ledakan bintang)

Ketika bintang terakhir redup dan mati planet dseluruh alam semesta pun mulai mengalami zaman es secara universal

Dunia akan menjadi gelap serta membeku dan berakhirnya seluruh kehidupan

2. Big Rip

Hampir sama antara Big Rip dan dan Big Freeze yang dibahas diatas, namun Big Rip lebih buruk lagi dari Big Freeze, dimana Big Freeze hanya memuainya alam semesta karena ledakan dari Big Bang,

Sementara itu Big Rip juga Memuai namun bukan disebabkan Big Bang tapi karena Energi Gelap, Energi gelap adalah yang mengisi sebagian besar alam semesta,

Contohnya, coba kita liat langit pas malam hari kenapa gelap ?, dan knapa luar angkasa warnanya hitam nggak putih atau merah, so jadi itulah yang namanya energi gelap (Dark Matter)

Dalam Big Rip Energi Gelap ini yang nantinya akan memuai dan melebar sehingga dapat memisahkan seluruh materi alam semesta dari sebesar Galaxy sampai sekecil Atom, semua akan terkoyak perlahan-lahan karena memuainya energi gelap ini yang tanpa batas.

Para peneliti Vanderbilt University di Nashville, Tennessee beranggapan bahwa Big Rip akan terjadi sekitar 22 Miliyar tahun mendatang, namun belum ada teknologi sekarang yang bisa membuktikan bahwa Energi Gelap benar benar memuai

Walaupun masuk akal namun NASA telah mengesampingkan teori ini dan hanya masih sebatas hipotesa saja

3. Big Crunch

Berbeda dari 2 teori di atas, dimana Big Rip dan Big Freeze terjadi akibat terlalu jauhnya alam semesta mengembang, sedangkan Big Crunch adalah tabrakan seluruh galaksi akibat menyusutnya alam semesta,

Ketika Big Bang terjadi alam semesta mengembang dengan sangat cepat dan perlahan lahan akan membesar hingga suatu waktu berhenti pada titik tertentu lalu memulai penyusutan pada satu singularitas atau pusat pada alam semesta dimulai ketika Big Bang terjadi.

Otomatis seluruh isi alam semesta seprti galaxy, bintang, dan planet-planetnya akan saling bertabrakan dan menyatu menjadi satu titik kecil yang memiliki kepadatan luar biasa dan sangat panas.

Namun itu semua masih sebatas teori yang mungkin akan terjadi ratusan ribu tahun lagi jadi kita yang hidup sekarang ini nggak bakal merasakanya kecuali kita punya mesin waktu ke masa depan.

Source: 
- https://www.venominz.com/2020/01/3-teori-berakhirnya-alam-semesta.html
- www.wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates: