Tujuh Titik Tanggul di Indramayu Rawan Banjir


INDRAMAYU - Sedikitnya tujuh titik tanggul di Indramayu yang berada sepanjang Sungai Cimanuk rawan banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana, mengatakan tujuh titik yang rawan banjir terletak di sepanjang aliran Sungai Bangkir sampai Waledan. Semua tanggul tersebut memerlukan perhatian khusus. 

"Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk - Cisanggarung sebut ada 52 titik di sepanjang aliran Sungai Cimanuk, sedangkan untuk wilayah di Indramayu terdapat tujuh titik rawan," katanya, Rabu (21/11/2018).

Dia menyebutkan wilayah Kabupaten Indramayu sering dilanda musibah banjir ketika musim hujan datang. Walaupun secara geografis letaknya berada di Pesisir Utara. 

Diungkapkannya, pada musibah banjir yang terjadi pada tahun 2014 silam, hampir seluruhnya wilayah kecamatan di Kabupaten Indramayu diterjang banjir.

"Ada 31 kecamatan di Indramayu, hanya tiga yang tidak terkena banjir yaitu Sukagumiwang, Kedokan Bunder, dan Bangodua pada tahun 2014," ugkap Edi. 

Dia menerangkan pada musibah banjir ketika itu ketinggian air di Kecamatan Sukra, Bongas, Anjatan, Juntinyuat, Balongan, Indramayu, Pasekan dan Patrol mencapai dua meter. Bahkan, banjir pun melebar hingga ke Jalur Pantura.


Ditambahkannya, pihaknya akan segera melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi musibah banjir. (ayocirebon)

Subscribe to receive free email updates: